Thursday 17 September 2020

Ini Manfaat Sayur Gambas



Gambas atau sayur oyong merupakan salah satu jenis sayuran yang sering diolah menjadi menu makanan oleh masyarakat Indonesia. Biasanya sayur gambas sering diolah menjadi beragam masakan, seperti sup, pecel, hingga aneka tumisan. Selain memiliki rasa yang segar, sayur gambas juga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tanaman yang tumbuh merambat seperti mentimun ini mudah ditemukan di berbagai negara yang beriklim tropis. Gambas memiliki bentuk yang panjang dengan tonjolan pada bagian permukaan kulitnya. Jenis sayuran ini sudah sejak dulu dikenal memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Manfaat gambas yang pertama ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin A pada gambas berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti hipertensi hingga diabetes.

Selain itu, mengonsumsi sayur gambas secara teratur juga dapat melawan penyakit infeksi. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit.

Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan sejak dini. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan mengonsumsi sayur gambas.

Sayur gambas diketahui mengandung turunan asam lemak yaitu senyawa acetogenins. Kandungan ini sebagai antioksidan yang dapat berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sehingga hal ini dapat membuat penderita mengalami pucat dan mudah lelah. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah penyakit anemia ialah mengonsumsi gambas.

Pasalnya gambas dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga membuat tekanan darah menjadi stabil dan mencegah anemia. Mengonsumsi gambas secara teratur juga dapat menghindarkan dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan stroke.


No comments:

Post a Comment

Dinas PUPR Luwu Kembangkan Jaringan Perpipaan SPAM di Desa Bunga Eja

LUWU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) saat ini tengah melakukan galian guna pengembangan jaringan perpipaan Sistem Penyediaa...